Rabu, 30 November 2011

MANFAAT MADU BAGI TUBUH MANUSIA

Dari perut lebah itu keluar cairan dengan berbagai warna, di dalamnya terdapat kesembuhan bagi manusia.” (QS. An-Nahl: 69)

Madu adalah makanan yang mengandung aneka zat gizi seperti karbohidrat , protein , asam amino, vitamin, mineral, dekstrin , pigmen tumbuhan dan komponen Aromatik. Bahkan dari hasil penelitian ahli Gizi dan pangan ,madu mengandung karbohidrat yang paling tinggi diantara produk ternak lainnya susu, telur , daging, keju dan mentega sekitar (82,3% lebih tinggi) Setiap 100 gram madu murni bernilai 294 kalori atau perbandingan 1000 gram madu murni setara dengan 50 butir telur ayam atau 5,675 liter susu atau 1680 gram daging. 

Dari hasil penelitian terbaru ternyata zat-zat atau senyawa yang ada didalam madu sangat kompleks yaitu mencapai 181 jenis. Khasiat madu telah dikenal sejak jaman Mesir Kuno. Bahkan Ratu Cleopatra telah menggunakan untuk merawat kesehatan dan kecantikannya. Selain itu juga madu dipergunakan untuk ramuan pembalseman ( embalming ) untuk mengawetkan Mummi Raja-raja Mesir Kuno.

Tradisi orang Jepang adalah meminum madu setiap malam agar bangun tidur dalam keadaan segar dan sehat. Salah satu keunikan madu adalah karena madu mengandung zat antibiotik. Hal itu hasil penelitian Peter C Molan ( 1992 ), peneliti dari Department of Biological Sciences, University of Waikoto, Selandia Baru. Menurutnya Madu terbukti mengandung zat antibiotik yang aktif melawan serangan berbagai kuman patogen penyebab penyakit.

Selain itu juga peneliti dari Department of Biochemistry, Faculty of Medicine, University of Malaya di Malaysia, Kamaruddin (1997) juga menyebutkan Bahwa di dalam madu terkandung zat anti mikrobial, yang dapat menghambat penyakit. Beberapa penyakit infeksi oleh berbagai patogen yang dapat dicegah dan disembuhkan dengan minum madu secara teratur diantaranya : Infeksi saluran pernafasan atas (ISPA),batuk, demam, penyakit luka tukak lambung, infeksi saluran pencernaan, penyakit kulit.

Pada saat ini masyarakat lebih mengenal Madu Arab, Madu Kalimantan atau Madu Sumbawa. Padahal mutu dan kualitas madu sangat tergantung pada asal nektar bunga yang dihisap oleh lebah. Sehingga penamaan yang lazim dikenal saat ini adalah bukan hanya lagi dari asal tempat diproduksi seperti yang disebutkan diatas, tetapi dari asal nektar seperti Madu Bunga Randu ( Ceiba petandra ), Madu Bunga Kopi ( Coffea arabica ), Madu Bunga Klengkeng ( Euphoria longana sp ), Madu Bunga Rambutan ( Nephelium lappaceum ), Madu Aneka jenis bunga ( Mix Flower ), Madu Bunga Durian ( Durio sp ), Madu Bunga Kelapa ( Cocos nucifera ), dsb. Masing-masing madu dari aneka jenis tumbuhan ini memiliki aroma yang khas dan khasiat yang berbeda-beda.

Kandungan Madu :
Madu memiliki komponen kimia yang memiliki efek koligemik yakni asetilkolin. Asetilkolin berfungsi untuk melancarkan peredaran darah dan mengurangi tekanan darah. Gula yang terdapat dalam madu akan terserap langsung oleh darah sehingga menghasilkan energi secara cepat bila dibandingkan dengan gula biasa. Selain itu Madu kaya akan kandungan antioksidan. Antioksidan fenolat dalam madu memiliki daya aktif tinggi serta bisa meningkatkan perlawanan tubuh terhadap tekanan oksidasi (oxidative stress).
Disamping kandungan gulanya yang tinggi (fruktosa 41,0 %; glukosa 35 %; sukrosa 1,9 %) madu juga mengandung komponen lain seperti tepung sari dan berbagai enzim pencernaan. Disamping itu madu juga mengandung berbagai vitamin seperti vitamin A, B1, B2, mineral seperti kalsium, natrium, kalium, magnesium, besi, juga garam iodine bahkan radium. Selain itu madu juga mengandung antibiotik dan berbagai asam organic seperti asam malat, tartarat, sitrat, laklat, dan oksalat. Karena itu madu sangat tinggi sekali khasiatnya.

Khasiat dan Manfaat Madu :
Madu dapat dikonsumsi oleh segala USIA , mulai dari Janin hingga Manula.
  1. Memperkuat janin yang lemah dalam kandungan ( rahim ).
  2. Membantu menjaga stamina dan kesehatan Ibu Hamil karena memberikan asupan gizi yang  tinggi bagi pertumbuhan janin yang sehat selama dalam kandungan
  3. Membantu perkembangan otak bayi, karena setiap harinya otak terus berkembang sampai dengan usia 5 tahun. Untuk itu ia membutuhkan gizi yang tinggi.
  4. Mengobati luka bakar. Madu memiliki spesifikasi anti proses peradangan (inflammatory activity anti)
  5. Meningkatkan nafsu makan Anak-anak ( adanya unsur vitamin B yang lengkap dalam madu), dan mempercepat pertumbuhan fisik sehingga anak tumbuh sehat , lincah dan riang serta tahan penyakit. (H.Mohamad , 2002 ).
  6. Mengembalikan  stamina dari kelelahan dan stress.
  7. Makanan terbaik yang sangat diperlukan bagi manula yang organ pencernaannya sudah mulai berkurang fungsinya, karena madu adalah sumber energi dan gizi yang dapat diserap langsung oleh tubuh .( Kesehatan 2001 ).
  8. Bila digunakan untuk bersikat gigi bisa memutihkan dan menyehatkan gigi dan gusi, mengobati sariawan dan gangguan mulut lain.
  9. Dengan menggunakan cairan madu berkadar 90% (madu dicampur air hangat) dua hari sekali di bagian-bagian yang terinfeksi di kepala, diurut pelan-pelan selama 2-3 menit, madu dapat membunuh kutu, menghilangkan ketombe, memanjangkan rambut, memperindah dan melembutkannya serta menyembuhkan penyakit kulit kepala.
  10. Mampu menurunkan kadar glukosa darah penderita diabetes karena adanya unsur antioksidan yang menjadikan asimilasi gula lebih mudah di dalam darah sehingga kadar gula tersebut tidak terlihat tinggi. Madu nutrisi kaya vitamin B1, B5, dan C dimana para penderita diabetes sangat membutuhkan vitamin-vitamin ini. Sesendok kecil madu alami murni akan menambah cepat dan besar kandungan gula dalam darah, sehingga akan menstimulasi sel-sel pankreas untuk memproduksi insulin. Sebaiknya penderita diabetes melakukan analisis darah dahulu untuk menentukan takaran yang diperbolehkan untuknya di bawah pengawasan dokter.
  11.  Mencegah terjadinya radang usus besar (colitis), maag dan tukak lambung. Madu berperan baik melindungi kolon dari luka-luka yang biasa ditimbulkan oleh asam asetat dan membantu pengobatan infeksi lambung (maag). Pada kadar 20% madu mampu melemahkan bakteri pylori penyebab tukak lambung di piring percobaan.
  12. Amat bergizi, melembutkan sistem alami tubuh, menghilangkan rasa obat yang tidak enak, membersihkan liver, memperlancar buang air kecil, cocok untuk mengobati batuk berdahak. Buah-buahan yang direndam dalam madu bisa bertahan sampai enam bulan.
  13. Madu dicampur dengan habbatus sauda’ yang sudah ditumbuk dibuat adonan setelah dicampur air panas  kemudian diminum rutin berhari-hari dapat menghancurkan batu ginjal dan batu kandung kemih, memperlancar air seni, haid dan ASI.
Masih ada pandangan yang salah atau keliru tentang kualitas madu . Ada yang menganggap bahwa madu yang baik adalah yang menimbulkan letusan ketika tutupnya di buka atau yang tidak di kerumuni semut. Justeru madu tersebut telah rusak terfermentasi oleh enzim dan mengarah kepada terjadinya gas dan alkohol itulah sebabnya semut tidak mau mendekatinya.

Madu terbaik adalah yang paling jernih, putih dan tidak tajam serta yang paling manis. Madu yang diambil dari daerah gunung dan pepohonan liar memiliki keutamaan tersendiri daripada yang diambil dari sarang biasa, dan itu tergantung pada tempat para lebah berburu makanannya.

Sabtu, 26 November 2011

DOKUMEN PENERAPAN 7 HABITS

PENERAPAN 7 HABITS

PENERAPAN KONSEP 7 HABITS DI SEKOLAH



Magnet yang dipancarkan buku karya Stephen R Covey kini masuk sekolah di Indonesia.

Inspirasi itu datang dari Dr Stephen R Covey melalui bukunya, The Seven Habits of Highly Effective People (Tujuh Kebiasaan Manusia yang Sangat Efektif). Karya motivator, konsultan, dan pakar manajemen kelahiran Salt Lake City, Amerika, 24 Oktober 1932 ini, seakan menjadi magnet yang mampu mengubah pandangan seorang kepala sekolah di Amerika.

Setelah berdiskusi dengan guru-guru lainnya, Muriel Summers, kepala sekolah itu, akhirnya berpandangan, anak didik tidak sebatas mencapai nilai tinggi. Lebih dari itu, anak didik juga perlu bekal lain untuk menapak hari-hari mereka ke masa depan.

Ia menyebut, perlunya bekal keterampilan menganalitis, kreatif, kerja sama dalam tim, memimpin diri sendiri, dan berbaur dengan beragam latar belakang manusia. "Bila kita hanya berupaya mencapai nilai tes tinggi, saya khawatir kita akan menciptakan generasi anak-anak yang tidak dapat melakukan apa-apa selain mengerjakan tes dengan baik," simpulnya.

Perjalanan waktu memberi bukti atas keyakinan Muriel. Ia dan para guru di sekolah itu me lihat, anak didik mereka mengalami perkembangan tidak hanya dalam pencapaian nilai tapi juga kemampuan diri. Perkembangan itu terjadi setelah diterapkannya konsep 7 habits dalam pengajaran.

The Seven Habits of Highly Effective People, konsep fenomenal yang memberikan gambaran mengenai tujuh kebiasaan menuju gerbang kesuksesan dalam jangka panjang. Ketujuh kebiasaan itu adalah, jadilah proaktif; mulai dengan tujuan akhir (visi dan misi); menetapkan prioritas; berpikir menang/menang; memahami dulu baru dipahami; wujudkan sinergi; dan 'mengasah gergaji,' beraktivitas secara teratur dan positif.

Intisari buku itu terbagi dalam tiga bagian. Tiga kebiasaan pertama akan membentuk karakter seseorang terkait dengan penguatan pribadi ke dalam (internal), disebut private victory (kemenangan pribadi). Tiga kebiasaan berikutnya menekankan kepada penguatan pribadi keluar (eksternal), disebut public victory (kemenangan publik). Kebiasaan ketujuh merupakan refleksi sejenak untuk melaku kan pembaruan yang lebih baik dan kontinu.

Magnet yang dipancarkan karya Stephen R Covey itu akhirnya masuk juga di beberapa sekolah di Indonesia. SMP Internat Al Kausar dan SMA Insan Cendekia Al Kautsar Islamic Boarding School, salah satu diantaranya yang mencoba menerapkan konsep dari intisari buku itu.

Awal tahun ajaran lalu, seluruh siswa dan guru di sekolah yang terletak di Desa Babakan Jaya, Parung Kuda, Sukabumi, ini mengikuti pelatihan The Seven Habits of Highly Effective Teens. Berlangsung selama dua hari dan pelatihan dirasakan cukup memberikan kesan bagi para murid.

Usai pelatihan, mereka saling mengingatkan tujuh kebiasaan ini, terutama kebiasaan pertama, jadilah proaktif, ketika ada teman mereka yang selalu reaktif merespons setiap permasalahan. Tindakan tersebut sebagai upaya untuk meredam emosi temannya.

"Kita menekankan pada kebiasaan pertama, jadilah proaktif," ungkap Douglas Prabawono, Executive Director Internat Al Kausar. Konsep dalam 7 habits, jelas Douglas, sebagai alat untuk mendorong anak didik berbuat yang terbaik dan menjadi pribadi yang bertanggung jawab.

Pernyataan "Aku Bisa" menjadi titik tekan bagi para murid untuk tidak mudah putus asa dalam menjalani setiap tantangan dalam hidup, khususnya belajar. Pernyataan lain "Aku adalah Pemimpin" diharapkan mampu menginspirasikan kepercayaan serta mendorong jiwa seluruh murid untuk mengikuti kata hati mereka daripada sekadar mengikuti kelompok. Itu karena, mereka harus menyadari bahwa hidup adalah pilihan.

Tidak lepas dari prinsip Al Kausar yang selalu menerapkan leadership, life skill, dan Islamic value, pelatihan ini pun diharapkan mampu meningkatkan kesadaran atau perubahan pola pikir pada pribadi murid sehingga mencapai kemenangan pribadi karena terpenuhinya impian mereka.

Selain diberikan kepada murid, sebelumnya seluruh guru juga diikutkan dalam pelatihan. Prinsip tujuh kebiasaan yang ada, diharapkan mampu menjembatani komunikasi antarguru dan murid. Intinya, sebelum murid, guru lebih dulu yang harus membangun landasan kokoh sehingga mudah mengatasi permasalahan yang muncul dalam diri murid.

Penerapan konsep seven habits di sekolah ini tidak sebatas pelatihan. Usai pelatihan, jelas Douglas, dilakukan penyegaran. Sesi penyegaran ini menekankan bahwa pembentukan karakter yang kuat akan membawa manusia menuju kesuksesan jangka panjang.

Penyegaran seperti itu, menurut dia, akan terus dilakukan se cara berkala untuk terus mengingatkan kebiasaan-kebiasaan efektif yang dapat membawa kesuksesan dalam hidup. Untuk itu, "Kita mendatangkan pelatih dari luar."

Bagaimana perkembangan sementara penerapan konsep tujuh kebiasaan dari buku Seven Habits terhadap guru dan anak didik di sekolah ini? Dalam pengamatan Douglas, kebiasaan guru dan anak didik mulai terlihat ada perubahan.

Boleh jadi, perubahan akan kian nyata dalam kurun waktu tertentu, seperti yang terjadi pada guru dan siswa di sekolah binaan Muriel Summers di Amerika.



TUJUH PRINSIP


The Seven Habits berisi tujuh prinsip yang bila diterapkan sebagai kebiasaan hidup akan menuntun seseorang mencapai efektivitas sejati.

1. Be Proactive (Bersikap Proaktif).
Dalam menghadapi suatu masalah, kita bisa memilih untuk bersikap reaktif atau proaktif. Bila kita cenderung menyalahkan orang lain atau keadaan yang sulit, maka kita bersikap reaktif. Sementara itu, proaktif adalah sikap bertanggung jawab atas setiap aspek dalam kehidupan kita yang selanjutnya membuat kita mengambil inisiatif dan tindak an. Intinya, dengan bersikap proaktif, kita tidak membiarkan diri kita terhanyut oleh keadaan, tapi justru berusaha mengendalikan keadaan. Dalam konsep stimulus dan respons, keadaan adalah stimulus yang tidak dapat dikendalikan, tapi manusia mempunyai daya untuk memilih respons apa yang akan dia ambil.

2. Begin with the End in Mind (Memulai dengan tujuan di pikiran).
Banyak orang memiliki cita-cita, tapi sedikit yang mampu memvisualisasikannya dalam suatu pernyataan. Dengan membuat "Pernyataan Misi Pribadi", kita dibantu berkonsentrasi dan mempertimbangkan konsekuensi-konsekuensi apa yang akan dihadapi sebelum bertindak.

3. Put First Things First (Dahulukan yang Utama).
Kita harus mempunyai skala prioritas untuk tujuan-tujuan jangka pendek dengan tidak melupakan tugas-tugas yang walaupun terlihat tidak mendesak tapi penting. Dengan sempitnya waktu, seorang pemimpin harus mampu mendelegasikan sebagian tugasnya. Pendelegasian akan efektif bila sejak awal ada kesepakatan hasil yang ingin dituju, bukan semata rincian rencana kerja dari atas.

4. Think Win/Win (Berpikir Menang/Menang).
Bila kita terbiasa memikirkan solusi yang saling menguntungkan (win-win solution) bagi kedua belah pihak, kita dapat meningkatkan hubungan kerja sama yang lebih efektif dalam mencapai tujuan.

5. Seek First to Understand, Then to be Understood (Mengerti Dulu, Baru Dimengerti).
Bila memberi suatu nasihat tanpa berempati atau tanpa memahami situasi orang tersebut, kemungkinan besar nasihat itu akan ditolak atau tidak berguna. Maka, biasakan untuk "paham dulu baru bicara" agar komunikasi berjalan dengan efektif.

6. Synergize (Sinergi).
Berusahalah untuk mencapai sinergi positif bila bekerja dalam tim. Intinya, perbedaan nilai-nilai yang ada harus dihormati, dibangun kekuatannya, dan dikompensasi kelemahannya. Galilah potensi dan kontribusi setiap anggota tim. Jika sinergi dapat dicapai, hasil satu tim lebih besar daripada hasil anggota bila bekerja sendiri-sendiri.

7. Sharpen the Saw (Pertajam Gergaji).
Kebiasaan ini berfokus pada pembaruan diri secara mental, fisik, emosional/sosial, dan spiritual yang seimbang. Untuk dapat terus produktif, seseorang juga harus menyegarkan diri dengan memiliki aktivitas rekreasi.

Sumber : Dikutip dari Harian Republika, edisi Rabu 7 April 2010
top

Sabtu, 19 November 2011

GLIDE REFLECTION

Refleksi Geser (Glide Reflection) - GeoGebra Dynamic Worksheet

Refleksi Geser (Glide Reflection)

Masalah :

Bagaimana menentukan koordinat titik Refleksi Geser

yang terjadi jika objek huruf F ditranslasi sejauh vektor KL

dan diikuti pencerminan

This is a Java Applet created using GeoGebra from www.geogebra.org - it looks like you don't have Java installed, please go to www.java.com

Geser Objek huruf F untuk posisi prapeta.

Geser pula vektor KL dan garis pencerminannya.



- Apa yang terjadi jika objeknya dipindahkan posisinya 1 satuan kekanan?

- Apa yang terjadi pada objek pencerminannya?

Tajuddin, Created with GeoGebra

Selasa, 15 November 2011

BUKU KEDAHSYATAN PUASA

041 Kedahsyatan Puasa [www.pustaka78.com]

BUKU 2 BELAJAR MEMBACA TANPA MENGEJA

020 Belajar Membaca Tanpa Mengeja- Buku 2 Oleh Intan Noviana Msi [www.pustaka78.com]

BUKU 1 BELAJAR MEMBACA TANPA MENGEJA

019 Belajar Membaca Tanpa Mengeja- Buku 1 Oleh Intan Noviana Msi [www.pustaka78.com]

BUKU TENTANG PERPUSTAKAAN SEKOLAH

7PerpustakaanSekolah OlehDarmonowww.pustaka78.com

Senin, 14 November 2011

INFORMASI SERTIFIKASI GURU DI INDONESIA

Layanan ini disediakan untuk memberikan Informasi calon peserta setifikasi guru 2012 yang berisi daftar guru yang memenuhi persyaratan sebagai bakal calon peserta sertifikasi guru tahun 2012 sesuai database NUPTK per tanggal 30 september 2011.
Daftar tersebut dapat dilihat dengan cara :
Peserta    <= Klik disini untuk melihat Daftar Bakal Calon Peserta Sertifikasi guru 2012.

Persyaratan :
  1. Guru yang masih aktif mengajar di sekolah di bawah binaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  2. Memiliki kualifikasi akademik sarjana (S-1) atau diploma empat (D-IV) dari program studi yang terakreditasi atau minimal memiliki izin penyelenggaraan.
  3. Guru yang diangkat dalam jabatan pengawas dengan ketentuan:
    • bagi pengawas satuan pendidikan selain dari guru yang diangkat sebelum berlakunya Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru (1 Desember 2008), atau
    • bagi pengawas selain dari guru yang diangkat setelah berlakunya Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru harus pernah memiliki pengalaman formal sebagai guru.
  4. Guru bukan PNS pada sekolah swasta yang memiliki SK sebagai guru tetap dari penyelenggara pendidikan (guru tetap yayasan), sedangkan guru bukan PNS pada sekolah negeri harus memiliki SK pengangkatan sebagai guru dari Bupati/Walikota.
  5. Sudah menjadi guru pada saat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen ditetapkan (30 Desember 2005).
  6. Pada tanggal 1 Januari 2013 belum memasuki usia 60 tahun.
  7. Memiliki nomor unik pendidik dan tenaga kependidikan (NUPTK).
  8. Guru dan guru yang diangkat dalam jabatan pengawas satuan pendidikan yang BELUM memiliki kualifikasi akademik S-1/D-IV apabila:
    • pada 1 Januari 2012 sudah mencapai usia 50 tahun dan mempunyai pengalaman kerja 20 tahun sebagai guru, atau
    • mempunyai golongan IV/a atau memenuhi angka kredit kumulatif setara dengan golongan IV/a (dibuktikan dengan SK kenaikan pangkat).
Daftar calon peserta sertifikasi guru tersebut diurutkan berdasar kriteria berturut turut usia, masa kerja, dan golongan.
Jika data diri saudara belum tertera dalam daftar layak calon peserta padahal saudara memenuhi syarat, anda dapat melakukan pengecekan dan perbaikan data ke dinas pendidikan kabupaten/kota setempat, dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini
Persyaratan

Prosedur perbaikan data NUPTK

  • Guru membawa salinan dokumen sebagai bukti fisik perbaikan data ke dinas pendidikan setempat
  • Dinas pendidikan kabupaten/kota melakukan perbaikan database NUPTK guru tersebut dan mengirimkan salinan dokumen tersebut ke LPMP
  • LPMP melakukan persetujuan (approval) terhadap perbaikan data tersebut berdasarkan salinan dokumen yang dikirim oleh dinas kabupaten/kota.
Perbaikan data NUPTK untuk pelaksanaan sertifikasi guru 2012 berakhir pada tanggal 1 Desember 2011.

Sumber : http://www.sergur.pusbangprodik.org/

VIDEO TEACHER STUDENT INTERACTION


DESKRIPSI VIDEO :
Menurut anda apakah ucapan-ucapan guru di kelas akan mempengaruhi iklim dalam kelas? Perhatikan tayangan video oleh guru dari Indonesia ini. Bagaimana guru berinteraksi dengan siswanya baik ketika memberikan tugas maupun ketika melaksanakan tugas. Apa yang dilakukan untuk memonitor siswanya?

BUKU TOKOH ISLAM YANG BERPENGARUH ABAD 20

erpengaruhabad20ByHerryMohammadwww.pustaka78.com

BUKU ENSIKLOPEDIA KIAMAT OLEH DR. UMAR SULAIMAN AL-ASYQAR

amatOlehDr.UmarSulaimanalAsygarwww.pustaka78.com

BUKU BEDAH TUNTAS SOAL UJIAN MATEMATIKA SMP

245 Bedah Tuntas Soal Ujian Matematika [www.pustaka78.com]

BUKU DAHSYATNYA OTAK TENGAH

060 Dahsyatnya Otak Tengah Jadikan Anak Anda Cerdas Saat Ini Juga [www.pustaka78.com]

BUKU JARIMAGIC 2 (PERKALIAN DAN PEMBAGIAN)

018 Jarimagic 2- Perkalian dan Pembagian Oleh M. Fajar Aulia [www.pustaka78.com]

BUKU JARIMAGIC 1 (PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN)

017 Jarimagic 1- Penambahan dan Pengurangan Oleh M. Fajar Aulia [www.pustaka78.com]

Sabtu, 12 November 2011

BUKU MATHEMATICS AND THE AESTHETIC NEW APPROACHES TO AN ANCIENT AFFINITY

Mathematics and the Aesthetic New Approaches to an Ancient Affinity CMS Books in Mathematics

BUKU MATHEMATICS AND BEAUTY NATHALIE SINCLAIR

Mathematics and Beauty Aesthetic Approaches to Teaching Children

Rabu, 09 November 2011

BUKU PANDUAN MATLAB OLEH TEGUH WIDIARSONO

Tutorial Matlab

Senin, 07 November 2011

TEMPLATE MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MAMPUONO

Template multimedia pembelajaran interaktif ini dibuat oleh anak bangsa Indonesia yang bernama Mampuono. Siapa sih Mampuono itu?
Dia lahir di Semarang pada tanggal 21 Januari 1970, dan pada tahun 2004 diterima sebagai  guru PNS yang mengajar bahasa Inggris di SMPN 18 Semarang. Pada tahun itu saya juga berhasil meraih medali perak untuk lomba multimedia pembelajaran tingkat nasional. Keberhasilan ini akhirnya membawa dia untuk diterima sebagai salah satu dosen pengajar di fakultas ilmu komputer di Universitas Dian Nuswantoro Semarang.
Template multimedia yang dilengkapi dengan menu latihan dan tutorial ini sangat menantang untuk diberdayakan bagi pembelajaran berbasis ICT. Template multimedia ini juga cocok digunakan untuk presentasi secara umum, karena semua tombol sudah dilink sesuai kebutuhan. Template ini digunakan untuk media presentasi di Microsoft Office Powerpoint. Silakan download di sini.
  1. http://www.ziddu.com/download/3234261/templatemampuono-bluegreen1.rar.html
  2. http://www.ziddu.com/download/3233011/templatemampuono-violet2.rar.html
  3. http://www.ziddu.com/download/3234383/templatemampuono-blueorange1.rar.html
  4. http://www.ziddu.com/download/3232554/Templatemampuono-blackorange1.rar.html
  5. http://www.ziddu.com/download/3234432/templatemampuono-green2.rar.html
 Screen Slide Show:



Semoga bermanfaat...

Sumber : http://mampuono.multiply.com

Minggu, 06 November 2011

TIPS DAN TRIK MENYUSUN JADUAL PELAJARAN

Mengingat menyusun jadual pelajaran harus dibutuhkan ketelitian, ketelatenan, serta dihasilkan jadual yang memperlancar proses pembelajaran untuk mempercepat  ketercapaian tujuan pembelajaran, maka harus diperlukan beberapa tips and trik tertentu, diantaranya adalah penyusun jadual pelajaran harus: 1) memperhatikan persyaratan tertentu dalam penyusunan jadual pelajaran, 2) memahami langkah-langkah penyusunan jadual, serta 3) memilih alat bantu atau perangkat lunak/software yang tepat.

Software yang dibahas disini adalah ASC TIMETABLES. Untuk itu dalam postingan ini, saya memberikan link yang berisi software dan panduan penggunaannya. Silahkan <download> disini.

Semoga bermanfaat...

Sabtu, 05 November 2011

KALENDER PENDIDIKAN ELEKTRONIK

Kalender pendidikan adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun ajaran yang mencakup permulaan tahun pelajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif dan hari libur. Pengaturan waktu ini sangat diperlukan agar pencapaian target kurikulum (delapan standar pendidikan) dapat tercapai sesuai dengan rentang waktu yang disediakan. <<Download>>

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penyusunan kalender pendidikan di sekolah, diantara:
1. Permulaan tahun pelajaran adalah waktu dimulainya kegiatan pembelajaran pada
awal tahun pelajaran pada setiap satuan pendidikan.
2. Minggu efektif belajar adalah jumlah minggu kegiatan pembelajaran untuk setiap
tahun pelajaran pada setiap satuan pendidikan.
3. Waktu pembelajaran efektif adalah jumlah jam pembelajaran setiap minggu, meliputi
jumlah jam pembelajaran untuk seluruh mata pelajaran termasuk muatan lokal,
ditambah jam untuk kegiatan pengembangan diri.
4. Waktu libur adalah waktu yang ditetapkan untuk tidak diadakan kegiatan pembelajaran
terjadwal pada satuan pendidikan yang dimaksud. Waktu libur dapat berbentuk jeda
tengah semester, jeda antarsemester, libur akhir tahun pelajaran, hari libur keagamaan,
hari libur umum termasuk hari-hari besar nasional, dan hari libur khusus
5. Kegiatan tatap muka adalah kegiatan pembelajaran yang berupa proses interaksi
antara peserta didik dengan pendidik.
6. Hari belajar efektif adalah hari belajar yang betul-betul digunakan untuk kegiatan
belajar mengajar sesuai dengan kebutuhan kurikulum.
7. Semester adalah satuan waktu pemberian pelajaran yang membagi tahun pelajaran
menjadi Semester 1 (satu) dan Semester 2 (dua).
8. Tahun pelajaran adalah satuan waktu pemberian pelajaran selama satu tahun.
9. Libur Semester adalah libur yang diadakan pada akhir setiap Semester.
10. Libur umum adalah libur yang diadakan untuk memperingati peristiwa nasional
atau keagamaan sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh Menteri Agama,
Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara
11. Libur Ramadhan adalah libur awal puasa dan sekitar hari raya Idul Fitri.
12. Libur khusus adalah libur yang diadakan sehubungan dengan adanya keperluan
lain di luar ketentuan tentang libur umum dan libur bulan Ramadhan.
13. Ujian Akhir adalah Ujian yang materi ujiannya disiapkan oleh pusat dan sekolah.
14. Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan/ atau
sumber belajar pada suatu lingkungan belajar
15. Kegiatan tengah semester adalah porseni, karyawisata, lomba kreativitas atau praktik
pembelajaran yang bertujuan mengembangkan bakat, kepribadian, prestasi dan
kreativitas siswa dalam rangka pengembangan pendidikan anak seutuhnya.
16. Penugasan terstruktur adalah kegiatan pembelajaran yang berupa pendalaman materi
pembelajaran oleh peserta didik yang dirancang oleh pendidik untuk mencapai standar
kompetensi.
17. Kegiatan mandiri tidak terstruktur adalah kegiatan pembelajaran yang berupa
pendalaman materi pembelajaran oleh peserta didik yang dirancang oleh pendidik
untuk mencapai standar kompetensi.
Setiap awal tahun sekolah menyusun kalender pendidikan sesuai dengan rambu-rambu dari Dinas Pendidikan dan kebutuhan sekolah sesuai dengan kurikulum yang dikembangkan. Penyusunan kalender pendidikan biasa disusun dengan bantuan program pengetikan komputer misal: Mcrosoft Word atau Excel. Kali ini emka production menyajikan sebuah aplikasi yang dapat memudahkan sekolah untuk membuat kalender pendidikan secara otomatis, mudah dan sederhana.

Gambar di atas merupakan tampilan kalender pendidikan elektronik yang secara otomatis akan tampil hari, tanggal dan tahunnya sesuai dengan tahun pelajaran yang ditentukan. Pengisian tanggal tidak efektif atau diisi dengan kegiatan seperti yang diuraikan di atas. Pengisian dapat dengan mudah lakukan hanya dengan menentukan tanggal mulai dan tanggal akhir dari kegiatan tersebut.
Langkah yang harus dilakukan untuk menggunakan kalender pendidikan elektronik adalah:
1. Buka sheet data dengan mengklik sheet data
2. Tentukan nama sekolah
3. Tentukan tahun pelajaran
4. Tentukan uraian keterangan tentang hari tidak efektif pada kolom keterangan
5. Tentukan tanggal awal dan tanggal pada bulan dimana kegiatan tidak efektif dilakukan.
6. Buka sheet kalender ….
7 . Bagaiman OK-kan

Kalau berminat menggunakan aplikasi kalender pendidikan elektronik bisa langsung di Download

Sumber : http://www.simpelpas.ltim.in

Semoga bermanfaat...

Jumat, 04 November 2011

BUKU UNDERSTANDING BY DESIGN

UNDERSTANDING BY DESIGN

BUKU MATH WONDERS TO INSPIRE TEACHERS AND STUDENTS


Math Wonders to Inspire Teachers and Students -

PISA 2009 ASSESSMENT FRAMEWORK

Pisa 2009 Assessment Framework

BUKU ELEMENTARY NUMBER THEORY WITH APPLICATIONS

Elementary Number Theory With Applications, 2nd Ed

Kamis, 03 November 2011

Buku TIMSS 2011 Mathematics Framework

TIMSS2011_Frameworks

Selasa, 01 November 2011

Buku The 8th Habits From Effectiveness to Greatness

the 8 habit